Program Pertanian Perkotaan Diapresiasi Komisi B DPRD DKI

0
14
Ketua Komisi B DPRD DKI, Yusriah Dzinnun (foto/ist)

POROSJAKARTA.COM, GAMBIR – Program pertanian perkotaan atau urban farming yang dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Gang Hijau, diapresiasi Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta.

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Yusriah Dzinnun mengatakan, program penghijauan lingkungan berbasis ketahanan pangan ini, dinilai perlu terus dikembangkan. Salah satunya, dengan menginventarisir lahan tidur milik swasta atau perorangan yang bisa dimanfaatkan sebagai lahan untuk pertanian perkotaan.

“Pemprov dapat melakukan perjanjian kerja sama dengan pemilik lahan tidur untuk mengembangkan program ini,” kata Yusriah di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (6/2/2018).

Menurutnya, melalui cara ini hasil panen sayuran yang ditanam warga tidak hanya untuk dikonsumsi, tapi juga dipasarkan. Pemprov DKI Jakarta harus berperan aktif membantu melakukan pembinaan dan pemasaran.

Yusriah menambahkan, dengan keterbatasan lahan saat ini, hasil panen dari program pertanian perkotaan melalui Gang Hijau hanya cukup dikonsumsi warga atau belum dapat dipasarkan.

“Melalui pertanian skala besar, hasil produksi pertanian dapat dikemas dan dipasarkan. Jadi manfaatkan lahan tidur lebih banyak lagi,” tukasnya. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here